Jembatan Saka Lima Belas (SAKALIBEL)


Bagi kamu yang sedang berkunjung ke Bumiayu atau sedang melintasi jalanan bumiayu sempatkanlah buat mengujungi salah satu ikon dari bumiayu yaitu Jembatan Sakalimalas atau Sakalibel.  Sesuai namanya Jembatan ini memiliki tiang atau saka berjumlah Lima Belas.

Jembatan Sakalimalas ini dibangun pada masa pendudukan Belanda pada tahun 1912, jika dihitung dengan tahun sekarang jembatan ini sudah berumur satu abad. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 298m. Dibawah jembatan terdapat sungai keruh atau lebih dikenal sebagai kali keruh dan juga jalan lingkar Bumiayu.

                          Jembatan Sakalimalas saat dibangun masa kolonial Belanda

Jembatan Sakalimalas ini merupakan jembatan Kereta Api Daerah Operasi V Purwokerto. Jembatan ini sangat populer bagi para fotografer dan sejarawan apalagi dengan letaknya cukup srategis dan jika kalian melihat ke arah timur dari jembatan kalian akan melihat deretan pegunungan dengan puncaknya Gunung Slamet.

letak Jembatan Sakalimalas

Bagi kamu dari arah Purwokerto kamu bisa mengunjungi Jembatan Sakalimalas ini dengan belok kanan di pagojengan masuk jalan lingkar bumiayu ikuti terus jalannya. dan jika kamu dari arah tegal kamu belok kiri masuk jalan lingkar.

Heritage Sejarah

Saat ini Jembatan Sakalimalas tidak seperti dulu lagi dikarenakan usia yang sudah sangat tua juga sudah dibangunnya Jembatan baru pengganti yang terletak disamping jembatan lama. Jembatan yang baru tersebut hanya mempunyai  enam pilar maka sekarang jembatan baru tersebut disebut sebagai jembatan Sakaenem.

Menurut Kepala Divisi Teknik Satker Rel Ganda Cikro (Cirebon-Kroya), Muhammad Yani yang dilansir Pikiran Rakyat bahwa  Jembatan Sakalibel tidak akan dihancurkan, tetapi akan tetap dirawat, menjadi salah satu heritage yang dikelola PT KA. Bahkan bila memungkinkan, akan dijadikan salah satu objek wisata sejarah.

Jadi jangan ragu buat mampir sebentar di jembatan sakalimalas dan sakaenenm yah🙂. jangan lupa abadikan momen kalian dan share dimedsos kalian😀.