Me-Manajemen Keuangan Mahasiswa


Sebagai seorang mahasiswa yang baik maka perlu membuat suatu manajemen dan terobosan agar kehidupan kuliah lancar, keuangan lancar, permasalahan lainpun juga lancar. Disini saya ingin membahas manajemen keuangan mahasiswa berdasarkan pengalaman sendiri dan teman-teman.

Saya seorang mahasiswa fisika yang tentunya sangat jauh dari kesan manajemen apalagi keuangan namun tidak ada salahnya jika saya membahas ini karena memang ilmu manajemen sebetulnya dapat dilakukan siapapun apalagi jika sudah menjadi kebiasaan. Persoalan yang sering dialami mahasiswa selain tugas kuliah biasanya terkait keuangan. Masalah ini sudah klasik banget dan kadangkala suka heran sendiri, karena duit cepat banget habis padahal kemarin baru saja ambil uang. Dan yang paling heran adalah ketika melihat teman-teman pada pinjam uang kesaya karena yang pinjam bukan Cuma satu namun ada beberapa. Sehingga jika di totalin mungkin sudah berapa ratus ribu bahkan juta. Saya bukannya sombong atau tidak membantu karena memang sumber keuangan saya sendiri juga dari Bidikmisi yang kadang turunnya tidak pasti dan jika sudah kejepit saya minta dikirimi uang. Pinjam uangnya bukan Cuma sekali dan itu menjadi sering dan terbiasa sehingga membuat saya kadang kesal. Saya tahu tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah namun menjadi tidak baik jika meminjam terus karena itu akan menjadi kebiasaan yang terus menerus.

Sekali lagi, Sebagai seorang mahasiswa tentunya perlu melakukan manajemen dan terobosan. Karena jika kita mampu memanaje keuangan tentunya segala kebutuhan mahasiswa akan lancar. Bagaimana caranya agar kita dapat memanajemen keuangan yang baik, berikut saya paparkan yang selama ini saya lakukan dan teman-teman

Skala prioritas

Gunakan skala prioritas untuk membeli kebutuhan-kebutuhan yang penting dan sangat mendesak jangan membeli hal-hal yang kurang penting karena akan membuat biaya pengeluaran membengkak. Jika bingung menentukan mana yang lebih penting dapat melihat durasi waktu dan kegunaan karena kadangkala ada tugas yang menuntut kita harus membeli peralatan dan barang pastikan harganya terjangkau dan jika tidak memungkinkan dapat menggunakan alternatif lain yang tentunya tak mengeluarkan biaya banyak.

Jangan gengsi dan ikut-ikutan teman

Sebagai mahasiswa yang mempunyai banyak teman dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Tentunya masing-masing mempunyai kebiasaan yang berbeda. Yang harus diperhatikan adalah jangan gengsi dan tak usah ikut-ikutan mereka yang mempunyai kebiasaan tidak baik karena nanti akan menjerumuskan diri sendiri. Bertemanlah dengan siapa saja dan ambilah hal-hal yang baik dan bermanfaat.

Puasa senin kamis

Bagi yang beragama islam tentunya tidak asing dengan berpuasa. Puasa selain mendapatkan ketenangan hati dan berpahala juga akan sangat membantu dalam memanajemen keuangan. Namun sekali lagi niatkan puasa karena Allah SWT jangan karena ingin memanaje duit terus berpuasa itu sebuah kekeliruan besar dan justru merugikan diri sendiri karena yang ada kita hanya mendapatkan lapar dan dahaga saja.

Atur porsi dan jadwal makan

Tak selamanya sebagai mahasiswa mempunyai uang banyak sehingga dalam persoalan makanpun harus diatur agar perut tetap kenyang, hati tenang, pikiranpun juga tenang. Jika kita kebiasa makan yang enak-enak seperti daging, telur mapun yang lain maka dapat mengganti dengan sayuran, tempe tahu dengan harganya yang relatif murah. Carilah tempat makan disekitar kostan yang harganya relatif murah dan atur jadwal makannya, jika terbiasa makan 3 kali sehari maka dapat mengurangi menjadi 2 kali dengan pagi sama sore atau siang sore.

Mencuci sendiri

Jika terbiasa mencuci di laundry maka mulai sekarang cucilah dengan tangan sendiri. Tak perlu tiap hari mencuci dapat disesuaiakan dengan aktivitas.

Bekerja paruh waktu

Bekerja paruh waktu merupakan salah satu solusi agar dapat mengimbangi keuangan yang selama ini ditopang dari orang tua maupun beasiswa. Namun perlu di ingat jangan sampai karna kesibukan bekerja sampai melupakan kewajian kita sebagai mahasiswa.

Semoga beberapa tips diatas dapat bermanfaat sehingga menjadikan kita agar selalu memanaje dan tak terbiasa meminjam uang .

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s