Anak Fisika Menanam Pohon Mangrove


Minggu, 21 Februari 2016 rasanya menjadi hari yang spesial bagi penulis. Di hari ini untuk pertama kalinya penulis mengikuti kegiatan bakti lingkungan dengan menanam pohon  Mangrove yang diprakarsai oleh kelompok FOSMA 165 UNY.

Jika kerja bakti bersih bersih lingkungan mungkin sudah hal biasa bagi penulis namun kalau menanam mangrove ini baru pertama kali dan pengalaman yang lumayan menyenangkan.

Dengan background penulis yang sekarang sedang menempuh study fisika tentu ini hal yang baru karna selama ini yang dipelajari hal hal yang berbau fisis baik mikroskopis maupun makroskopis. Mungkin jadi anak biologi menyenangkan kali yah sering lihat yang hijau hijau rasanya adem hehe.

Seperti yang kita ketahui bahwa Hutan bakau atau disebut juga hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di air payau,dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan ini tumbuh khususnya di tempat-tempat di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik. Baik di teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai di mana air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawanya dari hulu.

Ekosistem hutan bakau bersifat khas, baik karena adanya pelumpuran yang mengakibatkan kurangnya abrasi tanah; salinitastanahnya yang tinggi; serta mengalami daur penggenangan oleh pasang-surut air laut. Hanya sedikit jenis tumbuhan yang bertahan hidup di tempat semacam ini, dan jenis-jenis ini kebanyakan bersifat khas hutan bakau karena telah melewati proses adaptasi dan evolusi (wikipedia).

Kegiatan penanaman mangrove ini berlokasi di Dusun Baros, Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Seperti dilansir oleh  http://mangrovejogjakarta.com/ Keanekaragaman organisme di Kawasan Mangrove Baros Bantul cukup beragam. Vegetasi di sana terdiri dari mangrove sejati dan mangrove ikutan. Mangrove sejati yang dapat ditemui di Kawasan Mangrove Baros Bantul antara lain Avicennia sp.,Rhizophora sp., Bruguiera sp., Nypa fruticans, dan jeruju. Mangrove sejati adalah kelompok tumbuhan yang hanya dapat hidup di lingkungan yang masih dipengaruhi pasang surut air laut (pantai dan muara sungai) yang substrat dasarnya berupa lumpur endapan (aluvial). Mangrove sejati biasanya memiliki adaptasi khusus yang dapat menunjang kehidupannya di lingkungan mangrove. Adaptasi tersebut dapat berupa adapatasi morfologi seperti modifikasi akar dan daun, serta adaptasi fisiologi.

Mangrove ikutan yang terdapat di Kawasan Mangrove Baros antara lain widuri, waru, cemara, pandan, ketapang, mengkudu, Ipomoea pes-caprae, Wedelia biflora dll. Kelompok tumbuhan mangrove ikutan adalah kelompok tumbuhan yang berasosiasi dengan mangrove sejati. Mangrove ikutan tidak memiliki bentuk adaptasi khusus karena bukan tumbuhan khas ekosistem mangrove namun memiliki toleransi yang tinggi untuk dapat hidup pada kondisi lingkungan ekosistem mangrove. Jenis-jenis tumbuhan yang termasuk mangrove ikutan di Kawasan mangrove Baros Bantul  didominasi oleh tumbuhan pesisir.

Kawasan Mangrove di baros ini dikelola oleh KP2B (Keluarga Pemuda dan Pemudi Baros). Jadi silahkan bagi temen temen yang ingin berkunjung dan menanam pohon mangrove datang saja kesana dan jangan sendirian kesananya karena nggak asyik jika sendirian😀.

Dan semoga apa yang kami tanam pada hari ini dapat tumbuh dengan besar sehingga dapat memberikan manfaat bagi warga sekitar dan lingkungan sekitar kawasan hutan Mangrove.

Foto kegiatan setelah penanaman Mangrove

terimakasih juga buat temen temen dari  FOSMA 165 UNY yang sudah mengadakan acara ini semoga kedepan dapat dilanjutkan lagi dan terimakasih juga KP2B yang selama ini berjuang buat mengelola dan merawat hutan mangrove semoga tetap lestari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s