Tips Hemat ke Bromo


gunung bromo

Sekarang ini gunung bromo menjadi salah satu destinasi wisata alam yang sangat digandrungi baik orang dewasa sampai anak-anak. Bahkan bukan hanya wistawan lokal saja yang datang namun wisatawan mancanegarapun banyak yang datang berwisata ke bromo. Umumnya wisatawan mancanegara berlibur ke bromo setelah sebelumya berwisata ke daerah istimewa yogyakarta, mereka menggunakan jasa kereta api dari yogyakarta dan turun di probolinggo.

Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan referensi tentang bagaimana berlibur ke bromo secara murah meriah berdasarkan pengalaman penulis yang kemarin liburan ke bromo. Tips murah meriah ini penulis menekankan pada masalah transportasi dan penginapan.

Transportasi

jika kalian adalah pemula, yang tidak pernah liburan ke bromo maka salah satu masalah yang harus kalian selesaikan adalah transportasi. Pada liburan ke bromo kemarin penulis melalui daerah probolinggo, jadi jika kalian lewat malang atau lumajang mungkin akan sedikit berbeda biaya transportasinya namun intinya sama yaitu bagaimana kalian bisa menuju ke bromo dengan biaya transportasinya yang murah dan menghemat biaya.

Jika kalian tidak membawa kendaraan sendiri maka transportasi umumlah yang yang jadi pilihan. berdasarkan pengalaman penulis kemarin untuk sampai ke bromo membutuhkan beberapa kendaraan. Penulis menuju ke probolinggo menggunakan kereta api dari stasiun lempuyangan, Yogyakarta dengan biaya 100.000 kemudian dilanjutkan dengan naik angkot ke terminal disana banyak sopir-sopir yang menawarkan angkutan menuju desa cemara lawang dengan biaya bervariasi.

Tips: jika kamu menggunakan kereta dan turun di stasiun probolinggo hati-hatilah disana banyak calo yang menawarkan angkutan ke bromo dengan biaya relatif mahal jadi kalian jangan langsung percaya bahwa biaya ke bromo sebesar itu. Jika ada rombongan lain yang mau ke bromo lebih baik ikut gabung bersama mereka karena jika banyak rombongan tentu bisa menawar dengan biaya murah bukan. Lebih baik kalian tidak langsung menggunakan travel karena biaya travel sedikit lebih mahal dan lebih baik kalian ke terminal probolinggo Bayu Angga disana banyak angkutan menuju ke cemara lawang kalian bisa menawar murah dan penulis beserta rombongan juga dapat harga relatif murah yaitu 30.000. intinya adalah carilah transportasi yang murah dan sesuai budget anda dan tawarlah juga. Jika kalian punya teman yang faseh bahasa jawa timuran kalian bisa minta tolong buat menawar segala penawaran disana.

 Penginapan

Umumnya yang berwisata ke bromo mereka menginap di penginapan sekitar bromo dan sangat jarang yang camping disana karena penulis sudah mengalamai sendiri dan hanya rombongan penulis saja yang menginap menggunakan tenda. Jika kalian ingin menginap di penginapan sekitar bromo carilah harga yang murah di sesuaikan dengan budget anda. Dan jika kalian yang mau menginap menggunakan tenda kalian bisa menenda di camping ground di belakang lava view lodge tentu dengan tanpa biaya.


NB: dari desa cemara lawang sebetulnya tidak terlalu jauh ke kawah bromo jadi jika kalian ingin berhemat lebih jalan kaki saja tidak perlu menggunakan kuda ataupun jeep. Dan jangan lupa bawa perlengkapan yang lengkap karena disana suhunya sangat dingin dan makanan-makanan seperti roti dan minuman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s