Kota Bumiayu


Profil

Bumiayu merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Brebes tepatnya bagian brebes selatan. di Brebes selatan sendiri terdiri dari beberapa kecamatan yaitu Bumiayu, Tonjong, Sirampog, Bantarkawung, Salem, dan Paguyangan.

letak bumiayu sendiri sangat srategis ditengah jalan provinsi yang menghubungkan antara tegal dan purwokerto juga dilintasi oleh perlintasan kereta Api. sehingga membuat kota kecil ini berkembang pesat dan menjadi pusat aktivitas perdagangan yang cukup penting di brebes selatan.

Berbeda dengan daerah brebes utara yang merupakan dataran rendah yang berbatasan dengan laut jawa, di Brebes selatan sendiri merupakan wilayah perbukitan dengan puncak tertinggi daerah gunung slamet. sehingga jika melewati daerah ini tentu sangat mengasyikan dengan kanan kiri pegunungan.

Sebagai wilayah kota kecil yang berkembang dengan aktivitas yang padat di pusat kota membuat sepanjang jalan protokol Bumiayu sering dihinggapi kemacetan yang parah apalagi jika ada event-event besar seperti karnaval agustusan. untuk itulah sudah dibangunnya jalan lingkar di timur kota bumiayu yang menghubungkan talok hingga pagojengan, kec. paguyangan.

Letak Bumiayu

Desa/ kelurahan

Bumiayu terdiri dari beberapa desa diantaranya:

  1. Adisana
  2. Bumiayu
  3. Dukuhturi
  4. Jatisawit
  5. Kalierang
  6. Kalilangkap
  7. Kalinusu
  8. Kalisumur
  9. Kaliwadas
  10. Langkap
  11. Laren
  12. Negaradaha
  13. Pamijen
  14. Panggarutan
  15. Pruwatan

 Agama/ Kepercayaan

Sebagian besar penduduk bumiayu beragama islam dan sebagian kecil beragama katolik, kristen, hindu, budha dan konghucu.

masjid agung bumiayu.jpg-largeMasjid Agung Baiturrohim Bumiayu sebagai masjid terbesar dan pusat keagamaan di Bumiayu

Transportasi

Bumiayu merupakan wilayah yang dilalui jalan provinsi yang menghubungkan antara Tegal dan Purwokerto sehingga sangat mudah untuk diakses baik dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Apalagi di Bumiayu terdapat terminal bus antar kota dan antar provinsi yang berada di jalan lingkar atau timur dari pusat kota.

terminal bumiayu

terminal bumiayu1Terminal Bus Bumiayu (Sumber google image)

di Bumiayu sendiri terdapat stasiun dan terdapat jembatan kereta Api terpanjang di DAOP V Purwokerto yang dikenal sebagai jembatan sakalimalas (Saka lima belas) karena memiliki 15 saka sebagai penyangganya, jembatan ini merupakan peninggalan Belanda. Namun saat ini sudah dibangun rel ganda sehingga terdapat dua jembatan. dibawah jembatan terdapat jalan lingkar dan disinya terdapat kali keruh.

stasiun bumiayu

Stasiun Bumiayu (Sumber Google Image)

jembatan sakalimalas

jembatan sakalimalasJembatan sakalimalas dan juga proses pembangunan (Sumber Google Image)

Pendidikan

Sebagai pusat perkotaan daerah Brebes Selatan tentunya sarana pendidikan menjadi hal yang sangat penting diantaranya untuk SMA dan SMK yaitu:

  1. SMA Muhammadiyah Bumiayu
  2. SMA Islam Taalumul Huda Bumiayu
  3. SMA BU NU Bumiayu
  4. SMA N 1 Bumiayu
  5. SMA An-Nuriyah Bumiayu
  6. SMK Muhammadiyah Bumiayu
  7. SMK Kerabat Kita Bumiayu
  8. SMK Semesta Bumiayu
  9. SMK Maarif NU 1 Bumiayu
  10. dll

Di Bumiayu juga terdapat beberapa pondok pesantren diantaranya   Pondok Pesantren An-Nurriyah dan Pondok Pesantren Shofwatussu’ada di Krajan, Bumiayu.Pondok pesantren Darunnajah Tegal Munding Pruwatan dll.

untuk perguruan tinggi saat ini sudah ada Universitas Peradaban Bumiayu (UPB) yang dulunya STKIP dan STIE Islam Bumiayu di Jalan Raya Paguyangan. Dan juga terdapat akademi keperawatan Al Hikmah di Benda Sirampog. Kedepannya Bumiayu akan berdiri kembali beberapa perguruan tinggi.

Kesehatan

Bumiayu merupakan pusat kesehata bagi masyarakat Brebes selatan. di Kota ini terdapat berbagai sarana kesehatan yang sangat menunjang pelayanan masyarakat khususnya daerah brebes selatan. diantaranya:

  1. RSUD Bumiayu
  2. RS Siti Aminah Muhammadiyah Bumiayu
  3. RS Siti Aisyah Bumiayu
  4. RS Siti Amaliyah Bumiayu
  5. RS Allam Medica.
  6. dll.

Perekonomian

Sebagai pusat keramaian daerah Brebes Selatan tentunya pusat kegiatan ekonomi sangat berperan penting. Sepanjang jalan protokol Bumiayu merupakan Shopping Centre disini terdapat berbagai macam pertokoan. Bumiayu terdapat berbagai pasar-pasar tradisional yaitu; pasar Induk Bumiayu, pasar kalierang, pasar jatisawit, pasar talok dan pasar wage yang dibuka setiap tanggal wage pada kalender jawa.

UKM

produk-produk UKM yang dikembangkan di Bumiayu seperti Rebana, Marching Band di desa kali Wadas, Krupuk Rambak di Dukuh Turi.

Makanan Khas

Ketan pencok, gorengan dage, Gorengan Randem, mendoan dll.

Pariwisata

di daerah Bumiayu dan sekitarnya terdapat berbagai objek wisata yang dapat dinikmati khususnya wisata alam. diantaranya.

1. Agrowisata Kali Gua

KaliguaAgrowisata Kaligua adalah kawasan wisata agro dataran tinggi yang terletak di Desa Pandansari,Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Tepatnya di wilayah Brebes bagian selatan. Agrowisata Kaligua dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) Jawa Tengah dan merupakan diversifikasi usaha untuk meningkatkan optimalisasi aset perusahaan dengan daya dukung potensi alam yang indah. Hasil pengolahan perkebunan teh Kaligua adalah berupa produk hilir teh hitam (black tea) dengan merk “Kaligua” dalam kemasan teh celup dan serbuk. Wisatawan yang berkunjung dapat menikmati hangatnya teh hitam Kaligua di lokasi atau membelinya untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh (wikipedia).

Kawasan wisata agro Kaligua memberikan banyak pilihan untuk wisata. Di samping kebun teh, terdapat beberapa situs wisata menarik yang berada di seputaran Kaligua. Misalnya Gua Jepang, Tuk Benih, Gua Angin, serta makam pendiri kebun Van De Jong. Beberapa vila milik perkebunan bisa dimanfaatkan oleh pengunjung yang ingin bermalam.

Untuk melayani wisatawan, pihak perkebunan menyediakan fasilitas homestay (penginapan) yang cukup baik. Di samping itu tersedia pula gedung pertemuan, area outbond, area perkemahan, lapangan olahraga, kafe, pusat layanan kesehatan, sarana ibadah, dan lain-lain. Selain itu, pengunjung dapat memilih beberapa paket wisata yang disediakan.

di KaliGua sendiri terdapat sebuah telaga yang dihuni oleh jutaan lele, telaga ini dikenal sebagai telaga ranjeng.

Telaga_Ranjeng

Telaga Ranjeng (google image)

2. Waduk Penjalin

Waduk Penjalin memiliki luas 1,25 km2 dan isi 9,5 juta m3, terletak di tengah-tengah Desa Winduaji , 2,4 km arah selatan ibu kota Kecamatan Paguyangan . Dari ibu kota kecamatan ke arah selatan jurusan Purwokerto , kemudian sampai Desa Winduaji belok kanan ke lokasi waduk. Dari kota Paguyangan jaraknya 6 km, dari kota Bumiayu 12 km. Sedangkan dari Purwokerto 30 km. Waduk Penjalin terletak perbatasan Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Brebes.

Waduk ini dibangun tahun 1930 oleh pemerintah kolonial Belanda bersamaan dengan Waduk Malahayu. Air waduk ini dipersiapkan untuk menyuplai irigasi Sungai Pemali bawah dan areal persawahan. Penjalin dalam Bahasa Jawa berati rotan.

Di bagian muka waduk ini terdapat tanggul dengan ketinggian 16 m, lebar 4 m, dan panjang 850 m. Keliling waduk dikitari pedukuhan Mungguhan, Keser Kulon, Kali Garung, Kedung Agung, Soka, Karangsempu, Pecikalan, dan Karangnangka. Sedangkan di sebelah timur yang merupakan tanggul dan pintu gerbang waduk adalah dukuh Keser Tengah. (wikipedia)

3. Candi Pancurawis

4. Candi Pankuan

5. Curug Putri

Refrensi;

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Bumiayu,_Brebes
  2. google image

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s