Hari Valentine, hari kasih sayang yang salah kaprah


Setelah sebulan lebih yang lalu masyarakat dengan begitu gempita menyambut pegantian tahun baru masehi dengan berbagai pesta kembang api hingga begadang sampai pagi hari seolah-olah merupakan hari yang sangat bersejarah yang perlu diperingati.

Sekarang dibulan februari ada hari yang dikenal oleh masyarakat sebagai hari valentine atau hari kasih sayang yang jatuh pada 14 februari. Jika melihat nama harinya yang dikenal sebagai hari kasih sayang tentunya dihari tersebut akan banyak sekali diwarnai dengan berbagai kebaikan dibanding hari-hari lain. Namun jika direnungkan sejenak dan bertanya pada diri sendiri, sejak kapan ada peringatan seperti ini? Kenapa nama hari kasih sayang disebut juga hari valentine? Apakah valentine orang yang sangat berjasa, sehingga perlu diperingati? Dan sebagai orang beriman selama saya belajar agama islam tidak pernah menemukan nama valentine entah itu sebagai sahabat Rosulullah atau orang yang sepeninggal Rosulullah?.

Rasanya sangat ganjil dan aneh jika memperingatinya apalagi tidak jelas siapa valentine sebenarnya dan nyatanya didalam agama islam tidak pernah ada tokoh valentine tersebut. Padahal akhlak Rosulullah Muhammad SAW yang mempunyai suri tauladan yang sangat luar biasa yang harusnya sebagai panutan umat islam harus dikesampingkan dengan valentine dengan embel-embel kasih sayang.

Dan jika ada yang menyanggah dengan mengatakan bahwa itukan hanya sebuah hari dengan mengistilahkan tersebut bukan berarti mengagung-agungkan si valentine. Padahal sudah jelas dihari tersebut banyak anak-anak muda yang memanfaatkan hari tersebut dengan memadu kasih dengan memberikan coklat kepada pasangannya selanjutnya melanjutkan aktivitas-aktivitas yang dilarang agama islam dan masih banyak lagi contoh-contoh lain dengan label kasih sayang seolah-olah dihari tersebut dapat berbuat seenaknya saja.

Berbuat baik dan saling berbagi dan saling mengasihi memang tidaklah dilarang dalam islam bahkan dianjurkan namun harus sesuai koridor yang diatur dalam agama islam dengan mengikuti akhlak Rosulullah SAW.

Satu pemikiran pada “Hari Valentine, hari kasih sayang yang salah kaprah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s