LAPORAN PRAKTIKUM “PENGARUH CAHAYA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN”


LAPORAN PRAKTIKUM

“PENGARUH CAHAYA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN”

logo SMA Muhammadiyah Bumiayu

 

Di susun Oleh :

Azzam Zukhrofani Iman

M. Rahman Alfani

Pujarisma

Ulfi Purwanti

 

 

 

SMA MUHAMMADIYAH BUMIAYU

Jalan K. H. Ahmad Dahlan Km 1 Bumiayu Telepon (0289) 423644 Kode Pos 52273 http://www.smambumiayu.sch.id

Tahun Pelajaran 2013/ 2014

 

 

Daftar Isi

Kata Pengantar…………………………………………………………………………………. 1

BAB I Pendahuluan………………………………………………………………………….. 2

1.1.     Latar Belakang………………………………………………………………………. 2

1.2.                                                                                                                                                                                                                                                                                       Rumusan Masalah………………………………………………………………………………….. 2

BAB II Tinjauan Pustaka…………………………………………………………………… 3

2.1. Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan……………………………….. 3

2.2. Faktor-faktor yang mempengaruhi…………………………………………….. 3

BAB III Metode Penelitian…………………………………………………………………. 5

3.1. Alat & Bahan…………………………………………………………………………. 5

3.2. Cara Kerja……………………………………………………………………………… 5

BAB IV Hasil & Pembahasan…………………………………………………………….. 6

BAB V Kesimpulan………………………………………………………………………….. 8

Daftar Pustaka…………………………………………………………………………………. 9

 

 

KATA PENGANTAR

Pertama-tama kami ucapkan rasa syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kepada kita sekalian sehingga kami dapat menyelaisaikan laporan praktikum ini dengan sebaik mungkin. Shalawat serta salam semoga Allah tetap curahkan kepada nabi Muhammad SAW, keluarganya, sahabat-sahabatnya dan umatnya hingga akhir zaman. Aamiin.

Laporan ini merupakan hasil percobaan yang telah kami lakukan sebelumnya tentang perkecambahan dan kami juga uraikan mengenai pengertian pertumbuhan, faktor yang mempengaruhinya, metode penelitan dan juga pembahasan-pembahasannya.

Laporan ini tentunya masih jauh dari kata sempurna untuk kami mohon maaf sebesar-besarnya jika ada kekeliruan-kekeliruan dan kata-kata yang salah, saran dan kritik kami harapkan.

Penyusun

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Latar belakang

Salah satu ciri makhluk hidup adalah tumbuh dan berkembang. Pertumbuhan merupakan bertambahnya jumlah dan besarnya sel diseluruh bagian tubuh yang secara kuantitatif  dapat diukur atau suatu peningkatan dalam berat atau ukuran dari seluru/sebagian dari organisme, sedangkan perkembangan merupakan bertambahnya fungsi alat tubuh yang dapat dicapai melalui tumbuh, kematangan dan belajar atau peningkatan kemahiran dalam penggunaan tubuh (Sacharin,1996).

Pertumbuhan dan perkembangan merupakan proses yang saling berhubungan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan pekembangan tumbuhan. Faktor-faktor tersebut dikelompokan menjadi 2, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal  merupakan faktor yang meliputi faktor genetis (hereditas) dan factor fisiologis, sedangkan faktor eksternal atau faktor lingkungan merupakan faktor yang berasal dari luar tubuh tumbuhan tersebut yaitu dari lingkungan atau ekosistem. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan adalah cahaya.

Cahaya yang dibutuhkan tumbuhan tidak selalu sama pada setiap tanaman. Ada jenis-jenis tumbuhan yang memerlukan cahaya penuh dan ada pula yang memerlukan remang-remang untuk pertumbuhannya. Banyak sekali teori yang menjelaskan tentang pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tumbuhan. Namun teori tersebut belum sepenuhnya dapat dipelajari jika kita belum mengetahui kebenarannya pada lingkungan kita.

1.2 Rumusan Masalah

  1. Adakah pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman kacang hijau?
  2. Bagaimana pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman kacang hijau?

 

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

2.1. Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

Pertumbuhan adalah proses bertambahnya ukuran (diantarnya volume, massa, dan tinggi) serta jumlah sel secara irreversible (tidak dapat kembali ke bentuk semula). Pertumbuhan bersifat kuantitatif (dapat diukur) menggunakan auksanometer. Pertumbuhan terjadi karena pertambahan jumlah sel dan pembesaran sel. Proses ini terjadi akibat pembelahan mitosis pada jaringan bersifat meristematik. Contoh, pertambahan tinggi batang dan jumlah daun.

Perkembangan adalah proses terspesialisasi sel menuju ke bentuk dan fungsi tertentu yang mengarah ke tingkat kedewasaan yang bersifat kualitatif (tidak dapat dihitung) dan irreversible. Contoh, munculnya bunga sebagai alat perkembangbiakan.

2.2. Faktor-faktor  yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman :

  1. Faktor eksternal/lingkungan

Faktor  ini  merupakan  faktor  luar  yang  erat  sekali  hubungannya  dengan proses pertumbuhan  dan  perkembangan. Faktor tersebut yaitu:

• suhu / temperatur lingkungan

Tinggi  rendah  suhu  menjadi  salah  satu  faktor  yang  menentukan  tumbuh  kembang, reproduksi  dan  kelangsungan  hidup  dari  tanaman.  Suhu  yang  baik  bagi  tumbuhan adalah  antara  22°C-37°C.  Temperatur  yang  lebih  atau  kurang  dari  batas  normal tersebut dapat mengakibatkan pertumbuhan yang lambat atau berhenti.

• Kelembaban udara

Kadar  air  dalam  udara  dapat  mempengaruhi  pertumbuhan  serta  perkembangan tumbuhan. Tempat yang lembab menguntungkan bagi tumbuhan di mana tumbuhan dapat  mendapatkan  air  lebih  mudah  serta  berkurangnya  penguapan  yang  akan berdampak pada pembentukan sel yang lebih cepat.

•Cahaya matahari

Sinar matahari sangat dibutuhkan oleh tanaman  untuk dapat melakukan fotosintesis (khususnya tumbuhan hijau). Jika suatu tanaman kekurangan cahaya mat ahari, maka tanaman itu bisa tampak pucat dan warna tanaman itu kekuning -kuningan (etiolasi). Pada kecambah, justru sinar matahari dapat menghambat proses pertumbuhan.

  1. Faktor internal

Faktor  internal  merupakan  faktor  yang  melibatkan  hormon  dan  gen  yang  akan mengontrol  pertumbuhan  dan  perkembangan  tumbuhan.

• Gen

Gen adalah faktor penentu sifat-sifat yang akan diwariskan kepada generasi berikutnya. Gen juga berperan dalam pengendalian metabolisme zat di dalam sel, misalnya proses sintesis protein. Protein merupakan komponen dasar penyusun tubuh makhluk hidup termasuk tumbuhan. Dengan demikian gen dapat mengatur pola pertumbuhan dengan cara menurunkan sifat-sifatnya dan sintesis-sintesis yang dikendalikannya.

• Hormon

Di  bawah  ini  merupakan macam-macam hormon pada tumbuhan.

  1. Auksin
  2. Giberelin
  3. Sitokinin
  4. Gas Etilen
  5. AsamAbsisat
  6. Kalin :
  • Rhizokalin: merangsang pembentukan akar.
  • Kaulokalin: merangsang pembentukan batang.
  • Anthokalin: merangsang pembentukan bunga.
  • Filokalin: merangsang pembentukan daun.

 

BAB III

METODE PENELITIAN

3.1. Alat &Bahan :

1)    Biji kacang hijau

2)    Pot kecil (1 buah ditempat terang & 1 buah ditempat gelap)

3)    Media tanah

4)    Air secukupnya

5)    Penggaris

6)    Buku tulis

3.2. Cara Kerja

1)    Siapkan pot dengan media tanah

2)    Tanam pada masing-masing pot 5 biji kacang hijau

3)    Beri tanda pot A dan pot B, pot A ditaruh dihalaman terbuka dan pot B ditaruh didalam ruangan (tidak terkena sinar matahari langsung)

4)    Sirami bila perlu (jangan terlalu basah)

5)    Beri tanda masing-masing tanaman yang telah tumbuh (misal: tanaman 1, tanaman 2 dst)

6)    Amati dan ukur tinggi tanaman setiap hari

7)    Amati dan hitung jumlah daunnya setiap hari

8)    Catat dalam tabel (pengamatan dilakukan seminggu)

9)    Pengukuran dilakukan setelah biji mengeluarkan tunasnya.

 

BAB IV

HASIL & PEMBAHASAN

Tabel 1

Pengamatan biji kacang hijau di tempat terang

Hari

Tinggi Tanaman (cm)

Jumlah Daun

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2,5

1

1

1

2

4,5

4,5

1

2

2

1

3

5

5

3,5

2

2

2

4

5,5

5,5

4,5

2

2

2

5

6

6

6

2

2

2

6

8

9

9

2

2

2

7

9

11

11

2

2

2

Rata-rata

5,89

6

5

Keterangan: tanaman 4 &5 mati saat penelitian

Tabel 2

Pengamatan biji kacang hijau di tempat gelap

Hari

Tinggi Tanaman (cm)

Jumlah Daun

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

6

1

2

3

1

1

2

16

4

8

1

8,5

2

1

1

2

3

22,5

11

15,5

1

17

2

1

2

2

4

28

18,5

21

23,5

2

2

2

2

5

32

25,5

24

28

2

2

2

2

6

36

36

28

33

2

2

2

2

7

38

38,5

32

35

2

2

2

2

Rata-rata

25,5

19,21

18,64

0.29

21,14

Keterangan: tanaman 4 mati saat penelitian

Walaupun  biji  kacang  hijau  diperlakukan  sama,  namun  pertumbuhan  setiap  biji berbeda-beda.

Pertanyaan

  1. Mengapa tanaman yang tumbuh diruang gelap lebih cepat tinggi? Di sebut apa?
  2. Mengapa tanaman yang tumbuh ditempat gelap lebih pucat?
  3. Apa saja faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman?
  4. Apa yang terjadi bila tanaman di tempatkan di tempat gelap terus menerus? Apa sebabnya?

Jawab

  1. Tanaman yang diletakkan ditempat gelap dapat tumbuh dengan cepat karena disebabkan oleh adanya aktivitas hormon auksin yang lebih besar dibandingkan pada tempat yang terang. Aktivitas hormon auksin dipengaruhi oleh intensitas cahaya matahari. Semakin sedikit cahaya matahari maka aktivitas hormon auksin akan semakin besar, dan sebaliknya semakin banyak cahaya matahari maka aktivitas hormon auksin akan semakin sedikit. Hal ini disebabkan karena cahaya matahari dapat merusak hormon auksin. Hormon auksin berfungsi untuk memacu pemanjangan sel. Jadi semakin banyak aktivitas hormon auksin maka pertumbuhan tanaman akan semakin cepat dan sebaliknya. Hal inilah yang menyebabkan pertumbuhan tanaman yang ditempatkan di daerah gelap lebih cepat dibandingkan di daerah terang. Peristiwa ini disebut “etiolasi
  2. Cahaya merupakan sumber energi dalam fotosintesis. Tanpa cahaya, tumbuhan tidak akan mampu berfotosintesis dengan baik dan menyebabkan tumbuhan terganggu pertumbuhannya. Cahaya juga merupakan faktor penghambat pertumbuhan. Hormon auksin menjadi tidak aktif ketika ada cahaya. Hal ini menyebabkan tumbuhan yang ditanaman di tempat terkena cahaya matahari menjadi lebih pendek dibandingkan tumbuhan yang ditanam di tempat gelap. Kekurangan cahaya pada saat perkecambahan akan menyebabkan gejala etiolasi di mana batang kecambah akan tumbuh lebih cepat tetapi lemah dan berwarna kuning pucat.
  3. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman terbagi menjadi dua yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal yaitu: makanan/ nutrsi, air, suhu, cahaya, kelembapan. Faktor internal/ dalam yaitu hormon dan gen.
  4. Batang pada tanaman akan melemah dan akhirnya tanaman akan mati/layu karena tanaman tidak mendapatkan cahaya untuk fotosintesis sehingga tanamanpun akan layu dan mati.

 

BAB V

KESIMPULAN

Dari hasil penelitian pengaruh faktor cahaya terhadap pertumbuhan dan perkembangan biji kacang hijau, dapat disimpulkan bahwa cahaya dapat mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Proses pertumbuhan dan perkembangan  tumbuhan membutuhkan cahaya. Namun, banyak sedikitnya cahaya yang dibutuhkan tiap tumbuhan berbeda-beda, begitu pula dengan tumbuhan kacang hijau.

Dari penelitian yang telah dilakukan terhadap pertumbuhan dan perkecambahan biji kacang hijau, biji kacang hijau yang diletakan ditempat gelap dan terang akan mempunyai perbedaan. Biji kacang hijau yang terkena cahaya matahari secara langsung (terang) pertumbuhannya lebih lambat, daunnya lebar & tebal, berwarna hijau, batang tegak, kokoh. Sedangkan, biji kacang hijau yang tidak terkena cahaya matahari (gelap) pertumbuhannya lebih cepat tinggi (etiolasi) dan daunnya tipis, berwarna pucat, batang melengkung tidak kokoh. Hal ini terjadi karena cahaya memperlambat/menghambat kerja hormone auksin dalam pertumbuhan meninggi (primer). Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang telah dibuat sebelumnya telah benar.

 

Daftar Pustaka

http://farischarming.wordpress.com/2013/08/31/laporan-pengamatan-pengaruh-cahaya-terhadap-pertumbuhan-dan-perkembangan-kacang-hijau/

http://deabucika.blogspot.com/2012/10/pertumbuhan-biji-kacang-hijau.html

Herliana Ida, Yani Riana, dkk. 2009. BSE BIOLOGI 3. Jakarta: Pusat Perbukuan Nasional Departemen Pendidikan Nasional.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s