5 Tipe Pelajar dalam Belajar


Assalamu alaikum w. w

alhamdulillah walaupun harus pulang sore tapi tidak apa-apa, apalah artinya pulang sore tapi mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat walaupun tadi awalnya ada sedikit unek-unek tapi sudahlah lupakan saja. Lanjut ke topik pembahasan, dalam kajian rutin setiap bulan yang di selenggarakan oleh IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) SMA Muhammadiyah Bumiayu saya akan share ilmu yang saya dapatkan dari acara tersebut salah satunya adalah “5 Tipe Pelajar dalam Belajar”, menurut anda yang masih pelajar atau yang sudah lulus mungkin anda itu tipe pelajar yang seperti apa dalam belajar ayo baca dibawah ini ::

1. Dia belajar tapi terpaksa

Dia memang seorang pelajar tapi dalam belajar dia merasa terpaksa, terpaksa karena perintah gurunya, orang tua atau yang lainnya tipe pelajar seperti ini tipe yang paling rendah/ jelek bagaimana mungkin dia dapat memahami yang dia pelajari sedangkan dia merasa terpaksa. Coba anda renungkan apakah anda tipe pelajar yang seperti ini?

2. Dia belajar hanya sebagai kewajiban

Dia seorang pelajar tapi dalam belajar itu hanya sebagai kewajiban karena dia seorang pelajar jadi tugasnya belajar. saya pernah mendengar ada yang mengatakan bahwa sebagai pelajar maka tugasnya adalah belajar, tapi walaupun ini tipe yang agak baik dari yang pertama namun disisi yang lain jika kita hanya menganggap belajar merupakan kewajiban dari seorang pelajar maka jika kita belajar hanya sebatas untuk menggugurkan kewajiban. Coba renungkan apakah anda tipe pelajar yang seperti ini?

3. Dia belajar hanya sebagai kebutuhan

Dia seorang pelajar tapi dalam belajar itu hanyalah sebagai kebutuhan. Saya juga pernah mendengar kembali ada seorang guru yang mengatakan bahwa  jadikan belajar itu sebagai kebutuhan jangan sebagai kewajiban, namun disisi lain juga tipe ini ada kekurangannya juga kenapa, misal jika anda kelas XII sebentar lagi akan ujian tentunya jika ingin lulus pastinya anda butuh belajar anda sangat rutin belajar namun setelah lulus mungkin anda akan jarang belajar karena kebutuhan anda telah selesai dengan kelulusan dan sudah tidak ada lagi sebagai faktor pendorongnya. Coba renungkan apakah anda tipe pelajar yang seperti ini?

4. Belajar sebagai ungkapan rasa syukur kepada ALLAH SWT, orang tua dan lainnya

pelajar yang seperti ini dia belajar karena apa belajar sebagai ungkapan rasa syukur dia kepada Allah SWT, Orang tua maupun lainnya tentu dia akan rajin dalam belajar namun tipe ini menurut ustad tadi bahwa tipe ini nilainya hanya 99%. Coba renungkan apakah anda tipe pelajar yang seperti ini?

5. Belajar sebagai ungkapan cinta

pelajar yang seperti ini adalah dia belajar karena kecintaan dia kepada Allah, Orang tua, maupun lainnya. tentunya dalam belajar dia sangat rajin demi rasa cintanya dalam mengejar cita-cita, keinginannya karena sesuatu yang di dasari dengan cinta tentunya hasilnya akan lebih maksimal dan tipe pelajar yang seperti ini merupakan pelajar luar biasa. apakah anda tipe pelajar yang seperti ini?

setelah anda membaca uraian tadi semoga anda termasuk dalam tipe pelajar yang luar biasa namun jika belum coba anda rubah prinsip belajar anda. semoga bermanfaat

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s