Abu Hurairah


Ada yang tahu dengan Abu Hurairah??? Bagi orang islam pastinya tidak asing mendengar nama Abu Hurairah karna dia adalah tokoh perawi hadits yang terkenal dan merupakan penghafal hadts yang paling ulung dikalangan sahabat Rosulullah. Nah kali ini saya sedikit berbagi tentang riwayat Abu Hurairah yuk ikuti penjelasan berikut

Kelahiran

Abu Hurairah r.a. dilahirkan 19 tahun sebelum Hijrah, Abu Hurairah berasal dari kabilah Al-dusi yaitu sebuah suku yang berdiam di Yaman. Beliau merupakan anak yatim yang hanya tinggal bersama ibunya semenjak kecil.

Masuk Islam

Abu hurairah memeluk Islam melalui Tufail bin Amru. Tufail bin Amru adalah pemimpin kaum Al-Dusi, setelah Tufail bin Amru memeluk Islam ia menyeru kaumnya untuk memeluk Islam dan Abu Hurairah salah satu dari orang-orang yang menerima seruan Tufail bin Amru.

Setelah masuk Islam Abu Hurairah bersama Tufail bin Amru pergi ke Madinah sekitar tahun ke-7 Hijriah untuk menemui Rosulullah tentang keislamannya. Semenjak itu pula Abu Hurairah begitu dekat dengan Rosulullah dan selalu mengikuti kegiatan dakwah Rosulullah.

Berganti nama

Tahukah kamu nama kecil Abu Hurairah???? Ternyata nama Abu hurairah bukanlah nama yang di beri orang tuanya sejak lahir karna nama tersebut familiar sejak ia memeluk Islam lalu apa nama yang diberi orang tuanya nama tersebut adalah Abdusy Syam  yang berarti “Hamba Matahari”  beliau mendapat nama itu karna sebelum masuk Islam kaumnya merupakan penyembah Matahari. Setelah bertemu Rosulullah, Rosulullah mengganti namanya menjadi Abdurrahman bin Sakhr .

Tapi beliau lebih dikenal dengan nama Abu Hurairah yang berarti Bapak Kucing. pernah diriwayatkan pada suatu waktu Rosulullah melihat ada sesuatu di dalam lengan baju beliau dan Rosulullah bertanya kepada Abu Hurairah, ternyata ada anak kucing di dalam lengan bajunya, sejak itulah beliau lebih dikenal dengan nama Abu Hurairah. Mungkin juga karna kecintaannnya terhadap kucing sehingga beliau diberi gelar Bapak Kucing.

Sayang terhadap Ibunya

Tahukah kamu Abu Hurairah merupakan anak yang sayang terhadap Ibunya walaupun setelah beliau masuk islam ibunya masih pada kepercayaan lamanya. Karna begitu cintanya ia selalu membujuk Ibunya untuk masuk Islam bahkan yang ia dapat adalah kata-kata kasar terhadap Rosulullah. Beliau kemudian meminta Rosulullah untuk mendoakan Ibunya agar masuk Islam, Alhamdulillah berkat doa  dan bujukan akhirnya Ibu Abu Hurairah memeluk Islam.

Kelebihan dan Sumbangan terhadap Islam

Salah satu kelebihan dari Abu Hurairah ialah daya ingat yang luar biasa sehingga beliau dapat meriwayatkan banyak hadits.

Pernah diceritakan bahwa pada suatu ketika khalifah Marwan bin Al-Hakam mencoba menguji daya ingat Beliau. Khalifah mengundang beliau ke suatu majlis untuk membacakan beberapa hadits, seorang juru tulis Marwan mencatat hadits itu tanpa sepengatahuan Abu Hurairah.

Pada tahun berikutnya Khalifah mengundang lagi beliau untuk membacakan kembali hadits-hadits pada tahun lalu dan Abu Hurairah membacakannya tanpa salah sedikitpun. Peristiwa ini menunjukan betapa istimewanya daya ingat Beliau, bahkan Imam Syafi’ipun mengakui kehebatan daya ingat beliau.

Dengan daya ingat Beliau yang luar biasa beliau sangat berjasa dan memberikan sumbangsih besar terhadap Islam . Beliau disebutkan telah meriwayatkan Hadits sebanyak 5374 hadits. Hadits beliau disepakati oleh Imam Bukhari dan Muslim sebanyak 325 Hadits, Bukhari sendiri sebanyak 93 Hadits dan oleh Muslim sebanyak 189 Hadits.

Wafat

Beliau meninggal dunia pada tahun 57 atau 58 Hijriah ketika berumur 78 tahun, kehilangan beliau dalam duia islam ibarat kehilangan permata yang amat berharga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s